Panduan Belajar Mautic untuk Pemula

Posted on

Mautic atau Marketing Automation perlahan menjadi trend strategi internet marketing baru. Belajar mautic saat ini mulai diperdalam oleh para internet marketer di tanah air. Fungsi mautic sendiri yaitu untuk mengoptimalkan pemasaran internet. Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan email marketing.

Sejatinya, pelaku usaha harus terus mengikuti perkembangan strategi bisnis. Tujuannya agar tidak tertinggal oleh para kompetitor. Bayangkan, jika kompetitor Anda berhasil menjaring ribuan konsumen melalui email marketing, sedangkan Anda hanya ratusan, tentu akan berdampak buruk. Itulah kenapa Anda harus segera berbenah dan menerapkan strategi baru.

Apa Itu Mautic?

Mautic (Marketing Automation) atau pemasaran otomatis, adalah sebuah software. Perangkat lunak ini nantinya akan di-install pada hosting milik Anda. Setelah terpasang, barulah Anda bisa menggunakannya.

Jika tidak paham dengan cara pemasangannya, Anda bisa percayakan pada jasa install mautic. Jasa tersebut melayani pemasangan mautic pada hosting milik Anda. Dengan begitu, Anda hanya tinggal menggunakannya saja.

Fungsi mautic tidak hanya sebatas email marketing. Mautic bisa digunakan untuk membangun sistem pemasaran otomatis pada bisnis Anda. Sehingga, bisnis yang dijalankan akan semakin lebih mudah.

Belajar Mautic: Cara Menggunakan

Berikut ini akan kami paparkan bagaimana cara menggunakan mautic. Sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mudah.

  1. Memahami Fungsi Navigasi

Pahami apa saja fungsi navigasi yang ada pada aplikasi mautic. Pahami juga apa saja kegunaan fitur-fitur yang dihadirkan. Ketahui setiap menu atau navigasi berdasarkan tujuan dan kegunaannya.

  1. Menentukan Gol Dari Email Automation

Sama halnya dengan software email marketing, Mautic bisa digunakan untuk aktivasi email otomatis. Anda bisa mengoptimasinya sesuai dengan perilaku subscriber. Maka, tentukanlah gol agar otomatisasi email Anda bisa lebih terarah.

  1. Buatlah Segment Berdasarkan Niche Pasar Anda

Setelah menentukan gol, tahap selanjutnya adalah menentukan niche market Anda. Klasifikasikan segment atau list Anda. Hal ini bertujuan agar mempermudah dalam menarget audience sesuai kategori. Dengan begitu, Anda akan mudah dalam melakukan strategi pemasaran. Karena, Anda sudah mengetahui perilaku masing-masing segment.

  1. Buatlah Form untuk Mengumpulkan Leads

Jika segment telah dibuat, selanjutnya buatlah form. Fungsinya untuk mengumpulkan leads sesuai dengan segment. Nantinya, leads akan di-follow up atau diberikan edukasi mengenai betapa pentingnya produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  1. Buatlah Edukasi Leads dan Campaign

Setelah semua siap, langkah terakhir adalah membuat campaign. Tujuannya untuk mengaktivasi automation campaign. Di sini, Anda hanya harus fokus pada pengumpulan leads sebanyak-banyaknya untuk menyaring mana yang akan dijadikan buyer dan mana yang hanya sekedar warm list (funneling) saja.

Hubungi Jasa Instal Mautic Jika Mengalami Kesulitan

Jika Anda mengalami kesulitan me-manage, setting mautic, dan kendala lainnya,  sebaiknya percayakan pada ahlinya. Anda bisa memercayakannya pada e-Jasa.id. Perusahaan layanan Mautic yang dikelola oleh Zulfianto ini sudah dipercaya oleh banyak orang. Terlebih, Zulfianto sendiri merupakan server spesialis & email marketer berpengalaman.

E-Jasa tidak hanya sekedar membantu menginstalnya saja. Layanannya meliputi  banyak hal. Mulai dari memastikan perangkat dan email sistem benar-benar terkirim, memanage mautic, hingga mengatasi permasalahan-permasalahan lain seputar Mautic.

Team yang akan membantu Anda adalah orang-orang profesional. Percayakan mautic Anda pada e-Jasa, dan Anda bisa fokus pada pengembangan bisnis dan strategi lainnya.

Demikian pemaparan seputar belajar Mautic. Software ini akan membantu Anda dalam mempermudah pemasaran secara digital. Mautic cocok untuk semua jenis bisnis yang dijalankan secara online.