Cara Membersihkan Malware Pada Server

Posted on

Istilah malware tidak asing lagi bagi pengguna teknologi yang terhubung jaringan. Tetapi tahukah Anda mengenai pengertian dari malware? Malware (Malicious Software) dikenal sebagai sebuah software komputer yang diciptakan untuk tujuan tertentu yang bersifat negatif, perangkat lunak tersebut sangat berbahaya karena dapat merusak dan menyusup ke dalam system computer, server atau jaringan tanpa seizin dari pemilik.

Jenis malware Pun beraneka ragam, seperti virus, worm, Trojan horse, adware, rootkit, spyware dan software lainnya. Agar tau cara mencegah malware lebih jelasnya mari kita simak penjelasan yang lebih dalam berikut ini.

Mengenal Cara kerja dan masalah yang ditimbulkan oleh malware

Secara umum malware dapat masuk kedalam sistem komputer anda melalui berbagai macam aplikasi yang sudah diinstall atau melalui transfer data dari sarana atau media yang sudah terinfeksi virus. Selain itu malware tidak hanya berbentuk program saja, tetapi dapat juga berbentuk script/code yang akan langsung merusak system dan informasi yang anda miliki.

Lebih parahnya lagi malware dapat menjangkit website yang anda kelola, sehingga data dan informasi pribadi dari website yang anda miliki dapat dicuri tanpa sepengetahuan anda. Selain itu infeksi malware juga dapat berdampak pada server yang mengakibatkan server menjadi down. Sehingga dibutuhkan cara menghilangkan malware di browser dan website secara khusus.

Cara Mencegah dan Mengatasi Malware Paling Efektif

Seperti penjelasan diatas bahwa malware sangat berbahaya bagi Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempelajari bagaimana cara mencegah dan mengatasi malware agar dapat menyikapi dengan benar jika perangkat anda terinfeksi oleh gangguan malware.

  1. Pasang Anti Virus

Antivirus merupakan program khusus dan wajib yang harus dipasang untuk mencegah dan menyembuhkan komputer yang terinfeksi oleh malware, antivirus harus dipasang pada komputer terutama bagi yang sering terkoneksi dengan sambungan internet.  antivirus terpercaya yang memiliki perlindungan khusus terhadap malware.

  1. Update Antivirus

Jika sudah terpasang antivirus rajin-rajinlah mengupdatenya secara berkala. Update bertujuan untuk memperbaiki bug-bug dan menambahkan database virus terbaru, sehingga dapat terdeteksi oleh antivirus dan meningkatkan keamanan lebih baik dari sebelumnya.

  1. Hindari Mendownload dan Mengunjungi Halaman Website Ilegal & tidak Jelas

Saat ini banyak sekali link-link illegal dan aneh yang tersebar di banyak media. Sebaiknya anda berhati-hati dan lebih waspada untuk mengunjungi laman tersebut karena bisa jadi link-ink tersebut adalah sebuah link yang secara sengaja telah disisipi program malware agar dapat masuk kedalam perangkat kita.

Malware juga dapat dikirimkan melalui email dari alamat yang tidak dikenal dimana didalamnya berisi alamat link yang bertujuan agar pemilik email mengklik link tersebut. Oleh Karena itu hindari link-link mencurigakan agar terhindar dari ancaman malware.

  1. Beralih dari OS Windows ke Linux

Dibandingkan OS lain seperti linux dan sebagainya saat ini persentase infeksi malware terbanyak menyerang OS Windows. OS linux dikenal sebagai OS dengan system keamanan paling tangguh dan aman dikelasnya. Jadi tidak ada salahnya jika berpindah ke program dan sistem operasi open source milik linux.

  1. Jika Sudah Parah, Hubungi Layanan Jasa Pembersih Malware

Jika perangkat browser ataupun website anda sudah terlanjur terserang malware, jangan bingung karena anda dapat mengatasinya dengan menghubungi e-jasa.id. Layanan e-jasa.id merupakan layanan yang menyediakan jasa malware cleaner secara profesional.

Dikelola oleh CV. ELQO DUTA MANDIRI yang di bangun oleh bapak Zulfianto yang sudah berpengalaman secara bertahun-tahun dalam bidang malware cleaner, dapatkan keuntungan didepan mata dan terbebas dari ancaman malware yang dapat merusak website anda. Jadi tunggu apalagi, segera hubungi e-jasa.id untuk mendapatkan layanan dan penawaran terbaik yang diberikan.

Dengan ulasan diatas setidaknya kita mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari infeksi malware secara keseluruhan. Semoga ulasan diatas dapat memberikan gambaran terhadap cara pencegahan dan penanganan yang tepat untuk perangkat, server ataupun jaringan terhadap banyaknya ancaman malware yang beredar luas di sekitar kita.