Cara Email Marketing yang Tepat untuk Bisnis

Posted on

Email marketing kini menjadi salah satu strategi dalam dunia internet marketing. Strategi tersebut sering diimplementasikan dalam berbagai bidang bisns. Namun, masih banyak yang bingung bagaimana cara email marketing yang benar, dan mengukur sukses atau tidaknya strategi tersebut.

Untuk mengukur kesuksesan, caranya bisa dilihat dari seberapa banyak orang membuka email yang Anda kirim. Atau, yang biasa disebut email open rate dan seberapa banyak orang yang mengkliknya (click trough rate). Kedua hal tersebut bisa menjadi gambaran sukses atau tidaknya email marketing Anda.

Cara Membuat Email Marketing yang Efektif

Agar strategi marketing Anda berjalan lancar. Berikut akan kami ulas 4 tahapan email marketing yang efektif untuk bisnis.

  1. Gunakan Platform yang Paling Sesuai

Sebelum belajar cara email marketing, tentukanlah platform yang tepat terlebih dahulu. Pengiriman email tidak bisa hanya mengandalkan Yahoo atau Gmail. Karena, email yang dikirim berjumlah sangat banyak.

Ada banyak sekali platform yang ditawarkan. Salah satu yang paling tepat adalah Mautic (Marketing Automation). Software Mautic kini populer di kalangan internet marketer. Karena, cocok untuk mengoptimalkan email marketing.

  1. Bangun List Email Marketing

Selanjutnya, bangunlah email list Anda. Untuk membangunnya, Anda harus memiliki email calon konsumen. Lalu, bagaimana cara kita mendapatkan list email calon pembeli? Di sini Anda harus sedikit berusaha. Karena, tidak semua konsumen bersedia untuk memberi alamat email.

Agar mereka bersedia, Anda bisa melakukan beberapa metode sebagai berikut:

  • Memberi penawaran diskon dan penawaran ekslusif pada calon konsumen
  • Mengadakan sebuah kontes
  • Memberikan konten gratis pada calon konsumen
  1. Segmentasi Calon Konsumen

Jika sudah mendapatkan banyak email, kelompokkanlah calon-calon konsumen Anda. Tujuannya agar meningkatkan efektivitas email marketing yang Anda kirim. Segmentasi semacam ini umumnya dibuat berdasarkan berbagai aspek seperti lokasi konsumen, minat, atau engagement.

  1. Konten Email harus Menarik

Konten sangat penting dalam email marketing. Konten email harus dapat memengaruhi dan mengubah penerima email Anda menjadi konsumen. Konten pun harus sesuai dengan target konsumen yang sebelumnya telah dibuat.

Agar bisa membuat email marketing yang tepat, Anda harus tahu beberapa komponen berikut ini:

  • Pastikan format dan isi email yang dikirim harus sesuai dan yang paling penting nyaman untuk dibaca di berbagai perangkat, misalnya di perangkat mobile maupun dekstop
  • Buatlah subject email yang memikat dan jelas. Tujuannya agar konsumen langsung mengetahui apa yang ingin disampaikan
  • Letakkan konten menarik pada badan email. Buatlah jenis konten mudah dipahami dan tidak perlu panjang agar konsumen paham apa yang Anda tawarkan
  • Aplikasikan call to action pada konten email berguna agar penerima email mengetahui apa yang akan dilakukan setelah membaca penawaran pada yang Anda berikan

Optimalkan Email Marketing Bersama E-Jasa

Anda bermasalah dengan email marketing? Bisa jadi tools yang Anda gunakan salah. Atau, strategi yang Anda terapkan kurang tepat. Kini, telah hadir E-Jasa. Perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan ini menawarkan jasa install Mautic, setting Mautic, hingga manage Mautic.

Mautic adalah tools untuk email marketing. Anda bisa mengirim email sebanyak-banyaknya kepada para calon konsumen setiap hari. Dengan begitu, Anda bisa menjaring banyak konsumen dengan cara otomatis.

E-Jasa adalah perusahaan dibawah naungan CV. ELQO DUTA MANDIRI yang dikelola oleh Zulfianto. Ia merupakan seorang server spesialis & email marketer.

E-Jasa akan memastikan Mautic dan email Anda berjalan lancar. Selain Mautic, ada banyak layanan yang juga ditawarkan, di antaranya seperti:

  • Pengelolaan website
  • Pencegahan malware
  • Menyelesaikan masalah server
  • Dan lain lain

Itulah cara email marketing yang perlu Anda ketahui. Jika ingin tahu lebih lanjut seputar layanan E-Jasa, Anda bisa mengakses E-Jasa.id.