Cara Agar Website Tidak Kena Hack

Posted on

Dalam dunia IT, dikenal istilah hacking dan hacker yang secara sederhana dapat didefinisikan sebagai peretasan oleh pembajak digital. Adakalanya seseorang terutama yang baru mengelola website tidak tahu bagaimana cara agar website tidak kena hack. Padahal, ketika memiliki informasi dalam situs tentu sangat merugikan jika data tersebut diambil atau diketahui orang lain.

Sebelum mengetahui tentang cara mencegah website di hack, maka Anda perlu mengerti tentang definisi dari serangan hacker website. Seperti sebuah kapal yang dimasuki oleh pembajak, maka isi dan semua informasinya bisa diubah. Orang yang melakukan hacking akan dapat mengganti berbagai konten di dalam website. Untuk itu, berikut adalah beberapa poin penting dari cara mencegah website di hack dan cara mengatasi serangan hacker.

  1. Menggunakan Jaringan SSL

Apakah jaringan SSL itu? SSL sendiri adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer. Protokol yang terdapat pada layer transport ini didesain dengan algoritma yang secara khusus dirancang untuk sistem keamanan tingkat tinggi. Bukan hanya sistem otentikasi saja yang maksimal, tetapi juga enkripsi, sertifikat dan pemeriksaan terhadap integritasnya diperhatikan secara detail. Demi keamanan, dianjurkan semua website menggunakan jaringan ini agar kemungkinan peretasan dapat diperkecil.

  1. Hosting Reliable yang Trusted

Salah satu faktor yang membuat website mudah di hack adalah tidak terpercayanya penyedia layanan hosting. Karena itu, Anda harus mengambil keputusan tepat dengan bekerjasama dengan penyedia layanan hosting yang reliable and trsuted. Kedua faktor ini sangat penting untuk memaksimalkan proteksi terhadap website.

  1. Melakukan Pembaruan dan Pemutakhiran Pengaturan

Pengaturan atau setting dalam website adakalanya mengalami masalah baik karena faktor internal maupun eksternal. Untuk mengatasinya, maka dibutuhkan maintenance yang selalu terupdate agar tidak sampai mudah diretas.

Jika Anda mengalami masalah terkait dengan maintenance atau pemutakhiran pengaturan, maka libatkan ahli yang bena-benar dapat diandalkan.

  1. Melakukan Back Up Data

Langkah yang keempat ini bisa dikatakan sebagai cara mencegah website di hack maupun cara mengatasi serangan hacker. Karena jika sampai diretas, maka bisa jadi ada informasi yang hilang, berubah atau keluar dari standar website. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena jika sudah melakukan back up data maka penyelesaiannya akan lebih mudah.

  1. Scanning

Seperti halnya virus yang bisa dikurangi potensi serta serangannya dengan scanning, Anda juga harus sering melakukan pemindaian terhadap website. Karena dengan pemindaian maka akan banyak detail yang terdeteksi. Jadi, jika ditemukan masalah bisa segera diselesaikan. Inil adalah cara agar website tidak kena hack.yang cukup efisien dan efektif.

  1. Pengaturan Username

Username yang Anda pilih sebaiknya cukup sulit untuk diperkirakan baik dari nama maupun passwordnya. Karena jika terlalu umum maka akan mudah juga untuk diretas. Meskipun pengelolanya adalah satu orang, tetapi jangan menggunakan username yang terlalu umum dan mengandung informasi website maupun pengguna. Tentunya, jika orang terdekat yang melakukan hacking maka akan mudah mengetahui hal ini.

Itulah tadi beberapa cara agar website tidak kena hack. Anda dapat menghubungi saya ZULFIANTO sebagai pengelola sekaligus pemilik dari website terpercaya e-jasa.id. Kami melayani perawatan website Anda menjadi lebih menarik dan bebas hacker. Tentunya, legalitas dari pelayanan sudah terbukti karena kami berada dalam pengawasan CV. ELQO DUTA MANDIRI. Kunjungi website e-jasa.id untuk informasi yang lebih lengkap.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Trik
Author Rating
51star1star1star1star1star